8 langkah cara Scan Dokumen dengan CamScanner

8 langkah cara Scan Dokumen dengan CamScanner

Pernahkah kalian melakukan registrasi online? perlu cara scan dokumen gak ? misalnya Jika kalian ingin melamar sebuah pekerjaan yang dilakukan secara online, biasanya meminta untuk mengirimkan berbagai bentuk berkas dalam format PDF yang sudah di scan. Atau kalian seorang pekerja kantoran yang harus mengirimkan berkas dengan rentang waktu yang sangat sedikit. Bagaimana jadinya, jika kalian yang tidak memiliki alat scan. Lagipula waktunya sudah mendesak dan kalian tidak sempat untuk mencari tempat percetakan untuk melakukan scan berkas-berkas tersebut. Sudah tahukah anda cara scan dokumen dengan camscanner ?.

cara scan dokumen dengan camscanner

Jika menemukan masalah seperti ini jangan panik dan jangan putus asa untuk menyelesaikan semua persoalan-nya. Sekarang ada aplikasi Android yang bisa  dijadikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan sangat mudah aplikasi ini dapat membantu kalian untuk melakukan scanner terhadap berkas-berkas kalian dan langsung dibuatkan dalam format PDF.

Aplikasi yang kita maksud adalah Cam Scanner. Aplikasi Cam Scanner ini sudah menjadi sangat populer karena kemampuannya untuk melakukan secara instan hanya menggunakan perangkat Android. Bagi sebagian orang sudah mengenal aplikasi yang satu ini namun tak sedikit yang masih belum mengetahui kemampuannya.

Cara Scan Dokumen dengan CamScanner

Menggunakan aplikasi Cam Scanner tidak terlalu sulit. Kalian tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan oleh developper aplikasi tersebut. Tampilan aplikasi ini juga sangat mudah dimengerti oleh pengguna sehingga memudahkan untuk di operasikan. Berikut langkah-langkah menggunakan camscanner.

1. Download dan Instal,

Jika kalian belum memiliki aplikasinya yang terinstal di perangkat Android kalian, maka langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mendownload Cam scanner tersebut di playstore bagi pengguna android atau Appstore bagi pengguna IOS.

2. Buka Aplikasi Cam Scaner,

Setelah terinstal pada perangkat kalian, silakan Buka aplikasi tersebut dan kalian akan di hadapkan pada halaman depan yang di suruh untuk Masuk atau mendaftar. Jika kalian ingin memiliki akun camscanner kalian dapat melakukan registrasi dengan mencantumkan nomor telepon atau alamat email. Atau bisa di skip jika kalian tidak ingin memiliki akun camscanner.

3. Ambil gambar,

Setelah melakukan proses masuk atau registrasi kalian sudah langsung di hadapkan dengan halaman utama aplikasi tersebut. Untuk melakukan scan berkas tersebut kalian tinggal tekan icon kamera yang ada di pojok kanan bawah seperti gambar dibawah ini.

4. Arahkan kamera ke dokumen yang akan kalian scan,

Usahakan pengambilan dokumen di lakukan dengan cara tegak lurus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Pemilihan Warna

Jika berkas kalian tidak ada warna atau hanya tulisan hitam saja saya sarankan untuk memilih gradasi warna black and white (B&W1 / B&W2).

6. Ulangi Langkah

Untuk tahapan berikutnya, Lakukan langkah nomor 3 dan 5 untuk halaman berkas berikutnya. Jika berkas kalian memiliki warna, saya sarankan untuk memilih gradasi warna ajaib seperti gambar di bawah.

7. Mengannti File

Jika semua dokumen telah di scan maka langkah selanjutnya setelah itu yang kalian lakukan adalah mengganti nama file ekspor dengan cara cara pilih  titik tiga yang ada pada bagian kanan atas dan lakukan pergantian nama file.

8. Eksport Dokumen,

Pada tahap Selanjutnya, Langkah terakhir yang kalian lakukan adalah menekan gambar file seperti gambar di bawah ini ini untuk mengekspor dalam format PDF. Sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini:

Kesimpulannya, Demimikian cara melakukan scan berkas dan di simpan dengan format PDF menggunkan aplikasi Cam Scaner, Semoga bermanfaat. Selanjutnya jangan lupa kunjungi halaman yang lain ya.

Join the discussion

rozipiliang

BloggerHub Indonesia
error: Maaf Konten Ini Dilindungi !!